PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT UNTUK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP KANISIUS 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sandi, Novi Cita (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT UNTUK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP KANISIUS 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (619Kb) | Preview

    Abstract

    Novi Cita Sandi. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING MELALUI PENILAIAN TEMAN SEJAWAT UNTUK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP KANISIUS 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta Lembar Kerja Siswa (LKS) berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan Assessment for Learning melalui penilaian teman sejawat untuk materi lingkaran kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014, dan (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-PairShare dengan Assessment for Learning melalui penilaian teman sejawat (RPP dan LKS hasil pengembangan) terhadap prestasi belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 171 siswa yang terbagi kedalam lima kelas. Sampel yang digunakan adalah 66 siswa yang diambil dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data nilai ulangan matematika pada Ulangan Akhir Semester I tahun ajaran 2013/2014 dan digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, metode tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa pada materi lingkaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama menggunakan metode Bartlett dengan statistik Chi Kuadrat. Hasil penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan Assessment for Learning melalui penilaian teman sejawat untuk materi lingkaran kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014; dan (2) terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan Assessment for Learning melalui penilaian teman sejawat untuk materi lingkaran kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Pengaruh positif tersebut ditandai dengan meningkatnya prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kanisius 1 Surakarta setelah diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan Assessment for Learning melalui penilaian teman sejawat. Kata Kunci: Think-Pair-Share, Assessment for Learning melalui penilaian teman sejawat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 03 Sep 2015 16:52
    Last Modified: 03 Sep 2015 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17660

    Actions (login required)

    View Item