PERBEDAAN METODE BELAJAR LATIHAN LARI CEPAT DENGAN JARAK PROGRESIF DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL BELAJAR LARI 100 M PADA SISWA PUTRA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Safitri, Lina Nisa (2015) PERBEDAAN METODE BELAJAR LATIHAN LARI CEPAT DENGAN JARAK PROGRESIF DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL BELAJAR LARI 100 M PADA SISWA PUTRA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (274Kb) | Preview

    Abstract

    Lina Nisa Safitri. PERBEDAAN METODE BELAJAR LATIHAN LARI CEPAT DENGAN JARAK PROGRESIF DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL BELAJAR LARI 100 M PADA SISWA PUTRA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Januari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan metode belajar antara belajar dengan jarak tetap dan belajar dengan jarak progresif terhadap hasil belajar lari 100 m pada siswa putra kelas X MIA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2014/2015; (2) Metode belajar mana yang lebih baik pengaruhnya antara belajar lari cepat dengan jarak tetap dan belajar lari cepat dengan jarak progresif terhadap hasil belajar lari 100 m pada siswa putra kelas X MIA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X MIA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data lari 100m. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan lari 100 meter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dengan perlakuan latihan lari jarak tetap atau kelompok 1, mengalami peningkatan rata-rata 0,54 s atau 3,4% dari hasil tes awal 15,97 s menjadi 15,43 s; (2) Kelompok dengan perlakuan latihan lari jarak progresif atau kelompok 2, mengalami peningkatan rata-rata 1,19 s atau 7,31% dari hasil tes awal 16,16 s menjadi 14,97 s. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan metode belajar antara belajar dengan jarak tetap dan belajar dengan jarak progresif terhadap hasil belajar lari 100 m pada siswa putra kelas X MIA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2014/2015; (2) Metode belajar lari cepat dengan jarak progresif lebih baik pengaruhnya terhadap hasil belajar lari 100 m pada siswa putra kelas X MIA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci: lari 100m, Latihan lari cepat dengan jarak tetap, Latihan lari cepatdengan jarak progresif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 17:12
    Last Modified: 03 Sep 2015 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17654

    Actions (login required)

    View Item