UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

QURYATI , INNA (2015) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (383Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menerapkan model Project Based Learning pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AK 3 SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan penyidik untuk menguji teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Peningkatan kreativitas belajar siswa terlihat dari peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2 dibanding sebelum dilaksanakan penelitian. Indikator variabel kreativitas belajar siswa antara lain: berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, keterampilan mengelaborasi dan keterampilan mengevaluasi. Masing- masing indikator variabel kreativitas belajar siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori sedang dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dari kategori sedang menjadi kategori tinggi. Kata kunci: kreativitas belajar, project based learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Sep 2015 15:00
    Last Modified: 03 Sep 2015 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17643

    Actions (login required)

    View Item