PENERAPAN ALAT BANTU BIDANG MIRING DAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGBENDO I ARJOSARI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Trisnasih, Lingga (2015) PENERAPAN ALAT BANTU BIDANG MIRING DAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGBENDO I ARJOSARI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (338Kb) | Preview

    Abstract

    Lingga Trisnasih. PENERAPAN ALAT BANTU BIDANG MIRING DAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGBENDO I ARJOSARI PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas IV SD Negeri Kedungbendo I tahun pelajaran 2013/2014 melalui pemanfaatan alat bantu bidang miring dan audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tikdankan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedungbendo I tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 17 siswa. Sumber data terdiri dua yaitu (1) data primer yaitu, hasil belajar dan proses pembelajaran guling depan siswa kelas IV SD Negeri Kedungbendo I tahun pelajaran 2013/2014, (2) data skunder yaitu, berupa RPP, Silabus dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan guling depan dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar guling depan siswa dari data awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada data awal tidak memanfaatkan atau menggunakan alat bantu pembelajaran untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan guling depan sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari data awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar guling depan siswa mencapai 53% atau sebanyak 9 siswa dari 17 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II, hasil belajar guling depan siswa meningkat mencapai 88,2% atau sebanyak 15 siswa dari 17 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 2 siswa lainnya belum tuntas. siswa telah tuntas dengan KKM 75. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan modifikasi alat bantu pembelajaran berupa bidang miring dan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar guling depan siswa kelas IV SD Negeri Kedungbendo I Arjosari Pacitan tahun pelajaran 2013 / 201

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 13:59
    Last Modified: 03 Sep 2015 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17632

    Actions (login required)

    View Item