CITRA JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA DALAM IKLAN POLITIK TELEVISI (Studi Analisis Semiotik Citra Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam Iklan Politik Televisi Masa Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Periode Mei - Juli 2014)

UTAMI , INDRATI TYAS (2015) CITRA JOKO WIDODO DAN JUSUF KALLA DALAM IKLAN POLITIK TELEVISI (Studi Analisis Semiotik Citra Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam Iklan Politik Televisi Masa Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Periode Mei - Juli 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (836Kb) | Preview

    Abstract

    Iklan merupakan suatu pesan yang menawarkan produk, jasa maupun ide yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media. Iklan dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk komunikasi massa, karena salah satu media yang digunakan dalam beriklan adalah dengan media massa. Dewasa ini iklan telah menjadi bagian dalam komunikasi politik, terutama pada saat masa kampanye atau menjelang masa kampanye. Iklan politik merupakan salah satu bentuk periklanan nonkomersial. Iklan politik menekankan pada periklanan citra, yaitu himbauan yang ditujukan untuk membina reputasi pejabat pemerintah atau yang menghendaki menjadi pejabat pemerintah. Penelitian ini mencoba menggali tanda-tanda yang dapat merepresentasikan citra Jokowi-JK dalam iklan politik televisi selama masa kampanye pemilu presiden dan wakil presiden periode Mei-Juli 2014. Penelitian ini mengambil sample iklan politik televisi Jokowi-JK yang terdiri dari empat versi yaitu “Siapkah Kita”, “Wujudkan Mimpi”, “Dukungan Artis Ibu Kota”, dan “Rekening Gotong Royong”, menggunakan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Peirce memiliki tiga tingkatan analisis, yaitu analisis tekstual (ikon, indeks, simbol), interpretasi tekstual (pemaknaan), dan intertekstual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kandidat capres-cawapres Jokowi-JK membawa politik budaya populer yang diinterpretasikan dengan citra yang ingin dibangun Jokowi-JK, yaitu sederhana, bersahaja, jujur dan merakyat. Citra yang ditampilkan dalam iklan politik Jokowi-JK tidak sepenuhnya sesuai dengan realitas yang terjadi setelah Jokowi-JK menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Kata kunci: citra, iklan politik, semiotika, Peirce, interpretasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Sep 2015 13:39
    Last Modified: 03 Sep 2015 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17631

    Actions (login required)

    View Item