PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B TK ISLAM PERMATA HATI JAJAR LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sari, Indah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B TK ISLAM PERMATA HATI JAJAR LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (554Kb) | Preview

    Abstract

    Indah Rukmana Sari, X8110512.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B TK ISLAM PERMATA HATI JAJAR LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014.Skripsi,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus 2014. Tujuan penelitian adalah Untuk meningkatkan konsentrasi anak dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Anak kelompok B TK Islam Permata Hati Jajar Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014.j Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang dalam satu pertemuan itu terdiri dari tahap-tahap yaitu: tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang harus dilakukan secara berulang-ulang dalam pertemuan berikutnya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B TK Islam Permata Hati Jajar Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Sumber data pada penelitian ini adalah anak-anak kelompokTK Islam Permata Hati Jajar LaweyanSurakarta dengan jumlah 24 anak yang terdiri dari 14 putra dan 10 putri dan guru kelas, proses pembelajaran, sedangkan data dalam penelitian ini adalah hasil hasil pengamatan pelaksanaan proses (hasil dan observasi), dokumen yang berupa foto kegiatan siswa, lembar observasi gurusiswa dan hasil wawancara dengan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tenik analisis data yang menggunakan analisisi interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh data evalusi nilai konsentrasi anak pada kondisi awal 54,7% atau 13 anak mencapai ketuntasan. Setelah dilaksanakan tindakan dengan penerapanteknik kancing gemerincing anak kelompok Bmeningkat dengan diperoleh hasil nilai pada siklus I sebesar 79,7% atau 19 anak sedangkan pada siklus II konsentrasi anak mencapai 91,6% atau 22 anak yang mencapai ketuntasan.Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan konsentrasi anak kelompok B melalui teknik kancing gemerincing yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II. Kata-kata kunci: Kooperatif, Teknik Kancing Gemerincing,Konsentrasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 03 Sep 2015 11:17
    Last Modified: 03 Sep 2015 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17607

    Actions (login required)

    View Item