ADAPTASI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA ABRASI DI KECAMATAN KRAGAN DAN KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG (Sebagai Materi Suplemen Kontekstual Mitigasi Bencana di Kelas X SMA IPS)

Ronggowulan, Lintang (2015) ADAPTASI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA ABRASI DI KECAMATAN KRAGAN DAN KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG (Sebagai Materi Suplemen Kontekstual Mitigasi Bencana di Kelas X SMA IPS). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (288Kb) | Preview

    Abstract

    Lintang Ronggowulan. Adaptasi Masyarakat terhadap Bencana Abrasi di Kecamatan Kragan dan Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang (Materi Suplemen Kontekstual Mitigasi Bencana di Kelas X SMA IPS).TESIS, Pembimbing I: Dr. Sarwono, M.Pd, II: Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si. Program Studi PKLH Minat Utama Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Kependidikan, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui dampak bencana abrasi di Kecamatan Kragan dan Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Tahun 2014 (2) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap bencana abrasi (3) Mengetahui adaptasi masyarakat dalam menghadapi bencana abrasi (4) Mengetahui suplemen dari adaptasi masyarakat terhadap bencana abrasi sebagai materi suplemen kontekstual mitigasi bencana di Kelas X Program IPS Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di pesisir Kecamatan Kragan dan Kecamatan Sarang dengan validasi menggunakan teknik trianggulasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sumber data penilitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1)\ Dampak abrasi di Kecamatan Kragan dan Kecamatan Sarang secara fisik adalah rusaknya bangunan rumah, lingkungan pemukiman, fasilitas umum (makam dan masjid di Kecamatan Sarang), kantor pemerintahan dan tempat usaha. Dampak sosial seperti kehilangan pekerjaan karena tempat usaha yang mereka jadikan mata pencaharian telah rusak. (2)Persepsi masyarakat yang timbul mengenai abrasi adalah abrasi merupakan fenomena alam, dan sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh masyarakat di pesisir. (3)Adaptasi yang dilakukan di Kecamatan Kragan dan Kecamatan Sarang adalah stategi adaptasi yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. adaptasi pemerintah dengan membangun greenbelt, krib, tanggul pantai. Sedangkan adaptasi mayarakat dengan membuat pagar bambu yang ditancapkan di tanah dan menumpuk material batu-batu besar di belakang rumah mereka masing-masing. (4) Implementasi dalam pendidikan, penelitian ini kemudian diimplementasikan dalam Materi Suplemen Kontekstual Stategi Adaptasi Bencana Abrasi yang dapat digunakan dalam Materi Mitigasi Bencana di kelas X semester 2 Kurikulum 2013. Dalam penguji cobannya dilakukan di SMA N 1 Kragan dan respon yang diberikan oleh tim ahli, guru geografi dan siswa sangat baik. Kata Kunci :Abrasi, Persepsi, Strategi Adaptasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 03 Sep 2015 00:12
    Last Modified: 03 Sep 2015 00:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17595

    Actions (login required)

    View Item