PENERAPAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 2 KEMANGGUAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Wardani, Lisa Putri (2015) PENERAPAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 2 KEMANGGUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1052Kb) | Preview

    Abstract

    Lisa Putri Wardani. PENERAPAN MODEL KOLABORATIF TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 2 KEMANGGUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2015. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model kolaboratif teknik Predict Observe Explain (POE) dengan media benda konkret dalam pembelajaran IPA; (2) untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Kemangguan tahun ajaran 2014/2015; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kolaboratif teknik Predict Observe Explain (POE) dengan media benda konkret dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Kemangguan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model kolaboratif teknik Predict Observe Explain (POE) dengan media benda konkret dilaksanakan melalui enam langkah, yaitu: (a) pemberian orientasi dan motivasi; (b) pengenalan eksperimen; (c) penentuan prediksi; (d) pelaksanaan observasi dengan media benda konkret; (e) penjelasan; dan (f) follow up; (2) penerapan model kolaboratif teknik Predict Observe Explain (POE) dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan pembelajaran pada tiap-tiap siklus. Persentase ketuntasan pembelajaran pada siklus I mencapai 54,41%, pada siklus II meningkat menjadi 90,43%, dan pada siklus III meningkat menjadi 98,57%; dan (3) kendala utama penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik Predict Observe Explain (POE) dengan media benda konkret yaitu siswa kurang memanfaatkan kesempatan untuk bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum dipahami. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu mendorong siswa agar memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum dipahami. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik Predict Observe Explain (POE) dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Kemangguan tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: POE, media benda konkret, pembelajaran, IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QH Natural history
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 23:43
    Last Modified: 02 Sep 2015 23:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17594

    Actions (login required)

    View Item