PERBEDAAN PENGARUH MODEL LATIHAN HOLLOW SPRINT DAN MAXIMUM SPRINT TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN RENANG GAYA CRAWL 50 METER PADA MAHASISWA JPOK FKIP UNS

Firdaus, Dimas Sandy (2015) PERBEDAAN PENGARUH MODEL LATIHAN HOLLOW SPRINT DAN MAXIMUM SPRINT TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN RENANG GAYA CRAWL 50 METER PADA MAHASISWA JPOK FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (195Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Ada atau tidak perbedaaan pengaruh model latihan hollow sprint dan latihan maximum sprint terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa JPOK FKIP UNS; (2) Model latihan mana yang lebih baik pengaruhnya antara model latihan hollow sprint dan maximum sprint terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa JPOK FKIP UNS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah semua mahasiswa Pembinaan Prestasi Renang JPOK FKIP UNS tahun 2014, karena merupakan penelitian populasi yang dimana semua populasi digunakan yang berjumlah 20 orang. Sampel penelitian ini kemudian dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok 1 sebanyak 10 orang dan kelompok 2 sebanyak 10 orang dengan ordinal pairing. Dalam penelitian ini kelompok 1 mendapat latihan hollow sprint sedangkan kelompok 2 mendapat latihan maximum sprint. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan adalah kecepatan renang gaya crawl 50 meter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji-t) pada taraf signifikansi 5%, dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh model latihan hollow sprint dan maximum sprint terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa JPOK FKIP UNS, dengan thitung = 1,736 > ttabel = 1,734; (2) Model latihan maximum sprint memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada model latihan hollow sprint terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa JPOK FKIP UNS, dengan peningkatan model latihan maximum sprint = 9,05% > model latihan hollow sprint = 2,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh model latihan hollow sprint dan latihan maximum sprint terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa JPOK FKIP UNS; (2) Model latihan maximum sprint memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada model latihan hollow sprint terhadap hasil belajar keterampilan renang gaya crawl 50 meter pada mahasiswa JPOK FKIP UNS. Kata kunci: keterampilan renang gaya crawl 50 meter , model latihan hollow sprint, model latihan maximum sprint

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Sep 2015 21:27
    Last Modified: 02 Sep 2015 21:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17584

    Actions (login required)

    View Item