PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH TEMBANG MACAPAT MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X.10 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR

VERONIKA, PRIMA (2015) PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH TEMBANG MACAPAT MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X.10 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) minat membaca indah; dan (2) keterampilan membaca indah tembang macapat melalui metode kooperatif tipe talking stick dengan media audio visual pada siswa kelas X.10 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.10 SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berupa tempat dan peristiwa proses pembelajaran, informan, dokumen serta catatan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif talking stick dengan media audio visual dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca indah tembang macapat siswa dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase: (1) minat siswa terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Ini dapat dilihat pada hasil penghitungan angket minat membaca indah pratindakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,40 dengan kategori C dan kriteria sedang yang kemudian meningkat menjadi 70,43 dengan kategori B dan kriteria tinggi pada hasil penghitungan angket pasca tindakan; (2) keterampilan membaca indah tembang macapat siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebesar 60% pada kegiatan pratindakan kemudian meningkat menjadi 74,29% pada siklus I serta mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 91,43%; (3) nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hal tersebut terbukti nilai rata-rata pratindakan yang hanya 68,23, kemudian meningkat menjadi 74,89 pada siklus I dan kembali mengalami peningkatan menjadi 82,23 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode kooperatif talking stick dengan media audio visual dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca indah tembang macapat pada siswa kelas X.10 SMA Negeri Kebakkramat. Kata Kunci: metode kooperatif talking stick, media audio visual, keterampilan membaca indah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Igor M. Farhan
Date Deposited: 02 Sep 2015 21:10
Last Modified: 02 Sep 2015 21:10
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item