PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) DENGAN INDUCTIVE REASONING BERBANTUAN PETA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Materi Pokok Dinamika dan Masalah Kependudukan Peserta didik Kelas XI IIS 3 SMA Warga Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

Lutfan, (2015) PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) DENGAN INDUCTIVE REASONING BERBANTUAN PETA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Materi Pokok Dinamika dan Masalah Kependudukan Peserta didik Kelas XI IIS 3 SMA Warga Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (985Kb) | Preview

    Abstract

    Lutfan. PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) DENGAN INDUCTIVE REASONING BERBANTUAN PETA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Materi Pokok Dinamika dan Masalah Kependudukan Peserta didik XI IIS 3 SMA Warga Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Februari 2015. Tujuan penelitian, yakni 1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok dinamika dan masalah kependudukan penerapan concept attainment model dengan inductive reasoning berbantuan peta, 2) untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis peserta didik pada materi pokok dinamika dan masalah kependudukan penerapan concept attainment model dengan inductive reasoning berbantuan peta pada peserta didik kelas XI IIS 3 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian diaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Warga Surakarta yang berjumlah 33 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil Penelitian menunjukan sebagai berikut: 1) hasil observasi pemahaman konsep peserta didik XI IIS 3 pada siklus I yakni sebesar 52,6% dan pada siklus II sebesar 81,2%. 2) hasil tes siklus I berpikir kritis peserta didik XI IIS 3 meningkat dari 14,60% sebelum tindakan menjadi 57,60% seteah adanya tindakan dan pada siklus II kemampuan peserta didik lebih meningkat menjadi 63,70%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Concept Attainment Model (CAM) dengan Inductive Reasoning berbantuan peta dapat meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik XI IIS 3 SMA Warga Surakarta. Kata kunci: CAM, Inductive Reasoning, pemahaman konsep, berpikir kritis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 20:50
    Last Modified: 02 Sep 2015 20:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17569

    Actions (login required)

    View Item