ANALISIS KETERANGAN SAKSI VERBALISAN SEBAGAI AKIBAT PENCABUTAN BERITA ACARA PEMERIKSAAN OLEH TERDAKWA DI PERSIDANGAN DAN IMPLIKASI TERHADAP PUTUSAN DALAM PERKARA PEMBUNUHAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Praya Nomor : 148/PID.B/2013/PN.PRA)

Sonatra, Pandji Ndaru (2015) ANALISIS KETERANGAN SAKSI VERBALISAN SEBAGAI AKIBAT PENCABUTAN BERITA ACARA PEMERIKSAAN OLEH TERDAKWA DI PERSIDANGAN DAN IMPLIKASI TERHADAP PUTUSAN DALAM PERKARA PEMBUNUHAN (Studi Putusan Pengadilan Negeri Praya Nomor : 148/PID.B/2013/PN.PRA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (845Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui apakah keterangan saksi verbalisan sebagai akibat pencabutan berita acara pemeriksaan oleh terdakwa dipersidangan perkara pembunuhan di Pengadilan Negeri Praya sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP dan apakah implikasi pencabutan berita acara pemeriksaan oleh terdakwa dipersidangan terhadap putusan perkara pembunuhan di Pengadilan Negeri Praya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat preskriptif dengan pendekatan kasus (case approach). Teknik pengumpulan bahan hukum yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Penulisan menggunakan model analisis deduktif silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dihasilkan simpulan, yakni (1) Dalam putusan perkara pembunuhan nomor 148/Pid.B/2013/PN.PRA dihadirkannya saksi verbalisan untuk memberikan keterangan di persidangan sebagai akibat pencabutan berita acara pemeriksaan oleh terdakwa di persidangan sudah sesuai dengan ketentuan KUHAP kaitannya dengan Pasal 188 KUHAP tentang alat bukti petunjuk. Keterangan saksi verbalisan ini sangat berpengaruh di dalam proses pembuktian di persidangan, keterangan saksi verbalisan ini dapat di gunakan sebagai dasar petunjuk dalam mempengaruhi keyakinan hakim ketika terdakwa mencoba mencabut atau mengingkari keterangannya didalam berita acara pemeriksaan; (2) Implikasi dari adanya pencabutan berita acara pemeriksaan oleh terdakwa dipersidangan terhadap putusan perkara pembunuhan di Pengadilan Negeri Praya ini dalam pencabutan atau pengingkaran terhadap Berita Acara Pemeriksaan oleh Terdakwa pada proses pembuktian di persidangan di tolak oleh hakim, dengan dasar bahwa alasan pencabutan tersebut tidak terbukti kebenarannya. Dengan ditolaknya pencabutan tersebut, Hakim kemudian menjadikan keterangan dalam BAP sebagai petunjuk dalam membuktikan kesalahan terdakwa. Maka Pengadilan Negeri Praya dengan pertimbangannya bahwa Putusan Pengadilan Negeri Praya tanggal 31 Desember 2013 Nomor : 148/PID.B/2013/PN.PRA dengan Terdakwa BADR EL GHAZAL terbukti melakukan tindak pidana Pembunuhan dengan sengaja merampas nyawa orang lainsebagaimana yang di atur dalam Pasal 338 KUHP yang didakwakan dalam dakwaan Subsidair. Kata Kunci : Pembunuhan, Saksi Verbalisan, Pertimbangan Hakim

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 02 Sep 2015 20:05
    Last Modified: 02 Sep 2015 20:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17564

    Actions (login required)

    View Item