PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BANGUN DATAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JATISARI

INDRIYANI, INDAH (2015) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA BANGUN DATAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 JATISARI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1008Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media bangun datar; (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SDN 2 Jatisari tahun ajaran 2014/2015; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media bangun datar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Jatisari tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media bangun datar dilaksanakan melalui empat langkah, yaitu: (a) kegiatan pendahuluan/persiapan; (b) kegiatan inti/menyampaikan bahan ajar; (c) kegiatan inti/pelatihan keterampilan think talk write; (d) kegiatan penutup/ mempresentasikan hasil diskusi; (2) penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media bangun datar dapat meningkatkan pembelajaran matematika di kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan pembelajaran pada tiap-tiap siklus yang mencapai KKM ≥75. Persentase ketuntasan pembelajaran pada siklus I mencapai 62,07%, siklus II mencapai 82,76% dan siklus III mencapai 89,66%; dan (3) kendala penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan media bangun datar yaitu: (a) siswa kurang memanfaatkan kesempatan untuk bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum dipahami; (b) pemberian motivasi masih kurang; (c) siswa kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran,. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (a)mendorong siswa agar memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk bertanya pada guru tentang hal-hal yang belum dipahami; (b) guru menambah motivasi kepada siswa; (c) guru senantiasa mengkondisikan siswa agar fokus pada materi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan media bangun datar dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN 2 Jatisari tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: TTW, Media Bangun Datar, Pembelajaran, Matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 03 Sep 2015 12:17
    Last Modified: 03 Sep 2015 12:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17556

    Actions (login required)

    View Item