PROSEDUR PENGIRIMAN EKSPOR BARANG DALAM PERANAN FREIGHT FORWARDING (STUDI KASUS PADA PT. MITRA KARGO INDONESIA DI SEMARANG)

Pratama, Dicky Fajar (2015) PROSEDUR PENGIRIMAN EKSPOR BARANG DALAM PERANAN FREIGHT FORWARDING (STUDI KASUS PADA PT. MITRA KARGO INDONESIA DI SEMARANG). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (529Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah memperoleh gambaran dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peranan freight forwarding dalam pengiriman ekspor barang yang dilakukan oleh PT. Mitra Kargo Indonesia di Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode observasi (pengamatan selama magang kerja). Data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PT. Mitra Kargo Indonesia, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku referensi maupun sumber bacaan lainnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa PT. Mitra Kargo Indonesia sebagai freight forwarder melaksanakan pengurusan prosedur ekspor impor, melengkapi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan ekspor impor, dan menyelesaikan biaya-biaya yang timbul sebagai akibat dari kegiatan transportasi, penanganan muatan di pelabuhan/gudang, serta pengurusan dokumentasi. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpukan bahwa peranan freight forwarding dalam prosedur pengiriman ekspor barang yang dilakukan PT. Mitra Kargo Indonesia di Semarang adalah forwarding merupakan usaha jasa pengurusan transportasi pengangkutan barang yang menengahi antara shipper (eksportir) dengan shipping line (perusahaan pelayaran). Freight forwarder dapat bertindak atas nama pengirim (shipper/eksportir) atau bertindak atas nama pengirim (consignee/importir) atau bertindak atas nama pengirim dan penerima. Dari kesimpulan yang diambil, saran yang dapat penulis berikan adalah peningkatan sarana dan prasarana perusahaan agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Kata kunci : Freight forwarding, Shipperi, Shipping Line

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Sep 2015 19:47
    Last Modified: 02 Sep 2015 19:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17554

    Actions (login required)

    View Item