PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA

Khairani, Diantika (2015) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1674Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk (1 ) mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Surakarta; (2) mengindentifikasi kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT pada pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Surakarta; (3) mengindentifikasi upaya untuk mengatasi kendala dalam pemanfataan media pembelajaran berbasis ICT pada pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari narasumber, peristiwa atau aktifitas, lokasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian dimulai dari tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 ) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SMA Negeri 1 Surakarta belum maksimal digunakan ditinjau dari (a) pemahaman guru tentang media pembelajaran berbasis ICT (b) proses persiapan dalam pemanfataan media pembelajaran berbasis ICT (c) pemanfataan ICT dalam pembelajaran di kelas (d) pola pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (e) kondisi media pembelajaran berbasis ICT, walaupun dari segi fasilitas sudah cukup baik dan memadai, tetapi masih banyak guru yang menggunakan metode kontekstual dalam proses pembelajaran; (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfataan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) berasal dari peserta didik, guru dan sekolah; (3) upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi kendala adalah (a) melarang siswa membawa handphone pada saat jam sekolah berlangsung; (b) mengadakan pelatihan yang rutin untuk guru dalam penggunaan media ICT dan melakukan pengawasan secara intensif; (c) pengecekan rutin pada layanan jaringan internet di sekolah; (d) pemberian password wifi khusus guru-guru; (e) menambah access point jaringan layanan internet. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum pemanfataan media pembelajaran berbasis ICT di SMA Negeri 1 Surakarta belum berjalan dengan maksimal karena adanya beberapa kendala yang akan terus diatasi oleh pihak sekolah agar terciptanya proses pembelajaran yang baik dan efisien. Kata kunci: media, pembelajaran, ICT.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Sep 2015 19:36
    Last Modified: 02 Sep 2015 19:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17553

    Actions (login required)

    View Item