PENGARUH CERITA BERGAMBAR TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL ANAK DI TK AISYIYAH GEDONGAN, KECAMATAN COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmawati, Diana (2015) PENGARUH CERITA BERGAMBAR TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL ANAK DI TK AISYIYAH GEDONGAN, KECAMATAN COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (708Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh cerita bergambar terhadap kompetensi interpersonal anak. Desain penelitian ini menggunakan dua grup eksperimen dengan jumlah subjek 44 anak umur 5-6 tahun kelompok B TK Aisyiyah Gedongan, Kecamatan Colomadu Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan signifikan antara kompetensi interpersonal anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Cerita bergambar dapat meningkatkan kompetensi interpersonal anak. Kompetensi interpersonal yang tinggi ditandai dengan kemampuan membuka dan mempertahankan hubungan, mengatasi rintangan sosial, memberikan dukungan emosional dan mengatasi konflik. Simpulan dari penelitian ini adalah cerita bergambar sangat berpengaruh terhadap kompetensi interpersonal anak di TK Aisyiyah Gedongan, Kecamatan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Kata kunci: cerita bergambar, kompetensi interpersonal anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Sep 2015 19:21
    Last Modified: 02 Sep 2015 19:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17549

    Actions (login required)

    View Item