PENYUSUNAN INSTRUMEN SEBAGAI MODEL PENILAIAN AUTHENTIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Jannah, Luthfiyyatun Nuur (2015) PENYUSUNAN INSTRUMEN SEBAGAI MODEL PENILAIAN AUTHENTIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (683Kb) | Preview

    Abstract

    Luthfiyyatun Nuur Jannah. PENYUSUNAN INSTRUMEN SEBAGAI MODEL PENILAIAN AUTHENTIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui karakteristik penyusunan instrumen pada materi Pengukuran sebagai implementasi Kurikulum 2013 sebagai salah satu model penilaian authentic. Penelitian penyusunan instrumen penilaian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif didukung dari data kuantitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah instrumen penilaian laporan kerja kelompok terstruktur pada aspek pengetahuan, kinerja, dan sikap untuk peserta didik SMA. Penelitian ini melalui 2 tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan dan (2) tahan penyusunan. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli instrumen penilaian, dan hasil penilaian instrumen lembar kerja 89 peserta didik dari tiga SMA berbeda yaitu SMA Negeri 2 Wonogiri, SMA Negeri 3 Wonogiri, dan SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Provinsi Jawa Tengah oleh 3 guru Fisika sebagai subjek penilaian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik observasi dan teknik penugasan. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui validitas isi dan konstruk serta reliabilitas instrumen penilaian. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan program QUEST. Simpulan dari penelitian penyusunan ini adalah: penyusunan instrumen pada materi Pengukuran sebagai implementasi Kurikulum 2013 telah sesuai dengan Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses, yakni bentuk penilaian yang digunakan merupakan penilaian authentic yang mencakup nilai kesiapan peserta didik, proses, dan hasil belajar. Produk yang dihasilkan yakni instrumen penilaian authentic, telah melewati validasi dari validator ahli yaitu dosen pembimbing serta menghasilkan instrumen dengan nilai reliabilitas yang baik yaitu antara 1,06 ± 0,38. Kata kunci: Kurikulum 2013, penilaian authentic, pembelajaran Fisika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 16:15
    Last Modified: 02 Sep 2015 16:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17543

    Actions (login required)

    View Item