PERAN PELAYANAN SEKOLAH DASAR DALAM MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK DI SURAKARTA TINJAUAN DARI FENOMENA SEKOLAH FAVORIT DAN NON-FAVORIT

Subulussalam, M.Dhia (2015) PERAN PELAYANAN SEKOLAH DASAR DALAM MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK DI SURAKARTA TINJAUAN DARI FENOMENA SEKOLAH FAVORIT DAN NON-FAVORIT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (480Kb) | Preview

    Abstract

    PERAN PELAYANAN SEKOLAH DASAR DALAM MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK DI SURAKARTA TINJAUAN DARI FENOMENA SEKOLAH FAVORIT DAN NON-FAVORIT Kota Surakarta merupakan salah satu dari lima kota pertama yang menjadi model dalam menerapkan konsep kota layak anak. Sebagai salah satu kota yang menjadi permodelan dari konsep kota layak anak Kota Surakarta sudah banyak melakukan perubahan untuk dapat mewujudkan konsep tersebut. Namun dalam menuju Surakarta layak anak bukan berarti tidak ada kendala yang dihadapi. Permasalahan yang terjadi salah satunya adalah pada bidang pendidikan khususnya sekolah dasar yaitu terjadi kesenjangan standar pendidikan yang ditandai dengan adanya fenomena sekolah favorit dan non-favorit, pemenuhan kebutuhan sarana prasarana pendidikan yang masih belum tercukupi, serta keamanan dan kenyamanan anak baik di dalam maupun diluar sekolah. Permasalahan yang terdapat dalam bidang pendidikan tersebut akan berdampak negatif dalam proses mewujudkan kota layak anak di Surakarta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran pelayanan sekolah dasar berdasarkan kelompok sekolah favorit dan non-favorit dalam mewujudkan kota layak anak di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deduktif-kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk melihat kelengkapan sarana prasarana lingkungan sekolah dasar favorit dan non-favorit, analisis deskriptif kualitatif untuk melihat keamanan dan kenyamanan di jalan sekitar sekolah dasar favorit dan non-favorit serta analisis deskriptif spasial untuk melihat jangkauan pelayanan sekolah dasar favorit dan non-favorit dan yang terakhir analisis peran dengan metode skoring yang kemudian di deskriptifkan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa mayoritas sekolah dasar di Kota Surakarta memiliki jangkauan pelayanan yang melebihi standar ideal, kelengkapan sarana prasarana lingkungan sekolah dasar yang masih belum terpenuhi secara maksimal namun memiliki keamanan dan kenyaman di jalan sekitar sekolah dasar yang cukup tinggi. Dari hasil tersebut didapatkan temuan bahwa peran pelayanan sekolah dasar dalam mendukung kota layak anak adalah tetap memberikan rasa aman dan nyaman walaupun kondisi dari kelengkapan sarana prasarananya yang kurang dan jangkauan pelayanan yang cukup jauh. Kata Kunci: Kota layak anak, peran pelayanan pendidikan, sekolah dasar, sekolah favorit, sekolah non-favorit

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 15:50
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17536

    Actions (login required)

    View Item