PENERAPAN MIND MAPPING BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUMBER DAYA ALAM (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Setono No. 95 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2014/2015)

Nuryani, Evy (2015) PENERAPAN MIND MAPPING BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUMBER DAYA ALAM (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD N Setono No. 95 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (916Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam melalui penerapan Mind Mapping berbasis pendekatan scientific pada siswa kelas IV SD N Setono No. 95 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep sumber daya alam. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai pemahaman konsep siswa dan ketuntasan klasikal pada tiap siklusnya. Rata-rata nilai pemahaman konsep pada pratindakan adalah 66,53 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 45,95%. Pada siklus I, rata-rata nilai pemahaman konsep meningkat menjadi 81,22 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,49%. Pada siklus II, rata-rata nilai pemahaman terus meningkat dan mencapai 88,49 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,89. Peningkatan tersebut terjadi karena diterapkannnya Mind Mapping berbasis pendekatan scientific. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Mind Mapping berbasis pendekatan scientific dapat meningkatkan pemahaman konsep sumber daya alam pada siswa kelas IV SD N Setono No. 95 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Mind Mapping, pendekatan scientific, pemahaman konsep sumber daya alam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 02 Sep 2015 15:15
    Last Modified: 02 Sep 2015 15:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17530

    Actions (login required)

    View Item