PENGEMBANGAN MODUL PROTISTA BERBASIS GUIDED DISCOVERY DISERTAI CONCEPT MAP UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA

PRASETYANIINGRUM, IKA ANJAR (2015) PENGEMBANGAN MODUL PROTISTA BERBASIS GUIDED DISCOVERY DISERTAI CONCEPT MAP UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (207Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian dan pengembangan modul ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik modul protista berbasis guided discovery disertai concept map; 2) prosedur pengembangan modul protista berbasis guided discovery disertai concept map; 3) kelayakan modul protista berbasis guided discovery disertai concept map untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA; dan 4) efektifitas modul protista berbasis guided discovery disertai concept map untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA. Penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall yang dimodifkasi.Subyek yang digunakan, meliputi: subyek uji coba lapangan tahap awal sejumlah 12 siswa, subyek uji lapangan utama sejumlah 25 siswa dan subyek uji lapangan operasional sejumlah 32 siswa SMANegeriTulakan. Instrumen yang digunakan meliputi: angket, observasi, wawancara dan tes. Uji lapangan operasional menggunakan pretest-postest design. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa diuji dengan paired sample t-test dan dihitung menggunakan gain skor ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) karakteristik modul protista berbasis guided discovery disertai concept map, meliputi: aspek kemampuan berpikir kritis (interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan, pengaturan diri); 2) pengembangan modul protista berbasis guided discoverydisertai concept map menggunakan model penelitian dan pengembangan modifikasi Borg & Gall yang meliputi: penelitian pendahuluan, perencanaan; pengembangan bentuk produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi produk utama, uji lapanganutama, revisiprodukoperasional, ujilapanganoperasional,revisiproduk akhir; 3) kelayakan modul protista berbasis guided discoverydisertai concept map diperoleh skor rata-rata90,2 denganberkategori “sangat baik”; 4) modul protista berbasis guided discoverydisertai concept map efektif memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa dengan N-gain score sebesar 0,66 kategori “sedang”. KataKunci: protista, guided discovery, concept map, kemampuan berpikir kritis siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 02 Sep 2015 15:10
    Last Modified: 02 Sep 2015 15:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17526

    Actions (login required)

    View Item