EFEKTIVITAS METODE PETA KONSEP DAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ATLAS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 JATEN

Mahmudin, M.Khanif (2015) EFEKTIVITAS METODE PETA KONSEP DAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ATLAS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 JATEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1231Kb) | Preview

    Abstract

    M. Khanif Mahmudin (K5410040). EFEKTIVITAS METODE PETA KONSEP DAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ATLAS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 JATEN. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2014. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan antara metode Peta Konsep dan metode STAD terhadap hasil belajar, mengetahui keefektifan metode Peta Konsep dan Metode STAD menggunakan atlas elektronik terhadap hasil belajar, mengtahui keefektifan metode Peta Konsep dan metode STAD menggunakan media atlas non elektronik terhadap hasil belajar dan mengetahui pengaruh interaksi metode dan media terhadap perolehan hasil belajar peserta didik pada materi interaksi manusia dengan lingkungan kelas VII SMP Negeri 1 Jaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Jaten Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VII D, Kelas VII E, VII F, dan VII G. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan interaksi. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan metode Peta Konsep dan Metode STAD karena Fhitung 5,340 > FTabel 3,07. (2) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan metode Peta Konsep menggunakan media atlas elektronik dibandingkan dengan metode STAD menggunakan media atlas elektronik pada materi interaksi manusia dengan lingkungan kelas VII di SMP Negeri 1 Jaten karena nilai sig. 0,000 < taraf sig. 0,05 (signifikan). (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan metode Peta Konsep menggunakan media atlas non elektronik dibandingkan dengan metode STAD menggunakan media atlas non elektronik pada materi interaksi manusia dengan lingkungan kelas VII di SMP Negeri 1 Jaten karena nilai sig. 0,797 > taraf sig. 0,05 (tidak signifikan). (4) Ada interaksi antara metode Peta Konsep dan metode STAD dengan media atlas elektronik dan media atlas non elektornik terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji anava dua jalur yaitu Fhitung 5,340 > dari Ftabel 3,70 pada taraf signifikan 0,05. Kata Kunci : Metode Peta Konsep, Metode STAD, Media Atlas Elektronik, Pembelajaran Kuantum, Pembelajaran Kooperatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 15:19
    Last Modified: 02 Sep 2015 15:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17525

    Actions (login required)

    View Item