PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Setono No. 95, Pajang, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

Murwani, Estri (2015) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Setono No. 95, Pajang, Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1572Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Pajang, Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2014/2015 melalui penggunaan media kartu bergambar berbasis pendekatan scientific. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Pajang, Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 25 perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media kartu bergambar berbasis pendekatan scientific dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95 Pajang, Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa dari pretes sebesar 65,45. Pada siklus I nilai rata- rata siswa naik menjadi 69,55. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi 77,63. Selain itu, peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa juga dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan klasikal, yakni jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan (≥ 69). Peningkatan tersebut juga menjadi indikator keberhasilan tindakan. Ketuntasan klasikal pada saat pretes adalah 42,11% atau 16 siswa. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 57,89% atau 22 siswa. Selanjutnya, pada siklus II ketuntasan klasikal sudah mencapai indikator kinerja (80%) menjadi 94,74% atau 36 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media kartu bergambar berbasis pendekatan scientific dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Setono No. 95, Pajang, Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: kartu bergambar, pendekatan scientific, keterampilan menulis deskripsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 02 Sep 2015 15:00
    Last Modified: 02 Sep 2015 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17523

    Actions (login required)

    View Item