Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori terhadap Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Hasanah, Fatmawati Nur (2015) Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori terhadap Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (851Kb) | Preview

    Abstract

    Fatmawati Nur Hasanah. 2014. Perbedaan Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Ekspositori terhadap Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd., Pembimbing II : Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. (2) Menemukan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. (3) Menemukan ada atau tidaknya interaksi pada strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Subyek penelitian dikelompokkan dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dipilih satu kelas dari jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, yaitu kelas X TKR 4 (n=32) dan kelas kontrol dipilih satu kelas dari jurusan TKR SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, yaitu kelas X TKR 3 (n=32). Uji coba terhadap instrumen tes dilakukan pada siswa kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Analisis terhadap validitas dan reliabilitas instrumen tes menggunakan program ITEMAN Versi 3.00. Uji terhadap hipotesis penelitian menggunakan program SPSS Versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 260 > 4,00, dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,000 < 0,05. (2) Tidak ada perbedaan pengaruh kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah terhadap keterampilan menggunakan alat ukur siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung < Ftabel , yaitu 0,429 < 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,515 > 0,05. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap keterampilan menggunakan alat ukur pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung < Ftabel , yaitu 0,119 < 4,00 dan ditunjukkan pula oleh p-value 0,732 > 0,05. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Ekspositori, Inkuiri, Kemampuan Awal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 02 Sep 2015 14:58
    Last Modified: 02 Sep 2015 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17520

    Actions (login required)

    View Item