PENGARUH BOARD SIZE, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012)

PRIYANTA, FATHURRAHMAN (2015) PENGARUH BOARD SIZE, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (336Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH BOARD SIZE, PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012) FATHURRAHMAN PRIYANTA F.0309019 Indonesia merupakan negara dimana perusahaan-perusahaan menganut two-tier system dalam pengelolaannya. Sistem tersebut membuat perusahaanperusahaan di Indonesia sudah memliki struktur organisasi yang terpisah antara pemilik dengan pengelola perusahaan. Hal itu tentu akan memicu timbulnya konflik agensi antara pemillik dengan manajer perusahaan. Untuk mengatasinya, maka perlu dilakukan penyatuan kepentingan antara pemilik dan pengelola perusahaan. Penyatuan kepentingan tersebut dapat dilakukan dengan adanya penerapan good corporate governance Nilai perusahaan merupakan bentuk gambaran kepercayaan masyarakat terhadap kondisi yang telah dicapai perusahaan pada satu periode tertentu, dalam proses kegiatan dan tujuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh board size, proporsi komisaris independen dan struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan, dengan karakteristik perusahaan (size, leverage, profitability) sebagai variabel kontrol. Berdasarkan pengambilan sampel yang menggunakan metode purposive sampling, total data perusahaan yang digunakan sebagai penelitian adalah sebesar 70 perusahaan dengan jangka waktu observasi 4 tahun sehingga didapat 280 perusahaan manufaktur yang listing di BEI dari tahun 2009 hingga tahun 2012. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik regresi berganda untuk membuktikan hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel board size, proporsi komisaris independen dan kepemilikan institusional berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan yang dalam penelitian ini diukur menggunakan Tobin’s Q secara parsial, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan perusahaan. Kata Kunci: Ukuran Dewan, Proporsi Komisaris Independen, Struktur Kepemilikan, Nilai Perusahaan

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 02 Sep 2015 14:43
    Last Modified: 02 Sep 2015 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17507

    Actions (login required)

    View Item