EVALUASI PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TENAGA KERJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT AKIBAT KERJA DI PT PETROKIMIA GRESIK JAWA TIMUR

Damayanti, Noorwita Sari (2015) EVALUASI PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TENAGA KERJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT AKIBAT KERJA DI PT PETROKIMIA GRESIK JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (190Kb) | Preview

    Abstract

    EVALUASI PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TENAGA KERJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT AKIBAT KERJA DI PT PETROKIMIA GRESIK JAWA TIMUR Noorwita Sari Damayanti1 , Cr. Siti Utari2 Tujuan : Setiap perusahaan pasti tidak ingin menderita kerugian yang disebabkan oleh karena terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Sehingga pemeriksaan kesehatan pada pekerja sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi gambaran pemeriksaaan kesehatan yang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik dalam meningkatkan derajad kesehatan. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif, memberi gambaran mengenai pemeriksaan kesehatan di PT. Petrokimia Gresik Jawa Timur. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara kepada bagian kesehatan serta studi kepustakaan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dibahas dengan membandingkan pada regulasi terkait. Hasil : Pemeriksaan kesehatan tenaga kerja di PT. Petrokimia Gresik telah dilaksanakan sesuai Permenakertrans RI No. Per-02/MEN/1980. Pengendalian terhadap penyakit akibat kerja telah dilakukan dengan baik. Simpulan : Secara garis besar pemeriksaan kesehatan terhadap penyakit akibat kerja di PT. Petrokimia Gresik lakukan telah sesuai dengan regulasi terkait. Kata kunci: Evaluasi Pemeriksaan Kesehatan _____________________________________________________________ 1. Program Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 02 Sep 2015 14:28
    Last Modified: 02 Sep 2015 14:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17501

    Actions (login required)

    View Item