PERBEDAAN PENGARUHMETODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA LATIHAN BOLA GANTUNG DAN DINDING PEMANTUL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN HEADING SEPAKBOLA PADA SISWA SSB HARIMAU BEKONANG U-12 TAHUN 2014

Herwanto, Pendi (2015) PERBEDAAN PENGARUHMETODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA LATIHAN BOLA GANTUNG DAN DINDING PEMANTUL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN HEADING SEPAKBOLA PADA SISWA SSB HARIMAU BEKONANG U-12 TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (238Kb) | Preview

    Abstract

    Pendi Herwanto.PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA LATIHAN BOLA GANTUNG DAN DINDING PEMANTUL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN HEADING SEPAKBOLA PADA SISWA SSB HARIMAU BEKONANG U-12 TAHUN 2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2014. Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran menggunakan media latihan bola gantung (X1) dan dinding pemantul(X2) terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan heading pada siswa SSB Harimau Bekonang U-12 Tahun 2014, (2) Metode pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara metode pembelajaran menggunakan media latihanbola gantung (X1) dan dinding pemantul (X2)terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan headingpada siswa SSB Harimau Bekonang U-12 Tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB Harimau Bekonang U-12 Tahun 2014 dengan jumlah 42 orang, teknik sampling yang digunakan adalah judgemanatau Purposive sampling, kemudian didapatkan sampel sejumlah 30 orang.Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan bermain sepakbola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji–t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pengaruhlatihan bola gantung (X1) sebesar 9,53939, dan pengaruh latihan dinding pemantul (X2)sebesar 20,5791. Sedangkan perbedaan pengaruh metode pembelajaran menggunakan media latihan bola gantung dan dinding pemantul terhadappeningkatanhasilbelajarketerampilanheading sepakbolapadasiswa SSB HarimauBekonang U-12 Tahun 2014, yaitu denganthitung = 2,2081>ttabel = 2,145, (2)Metodepembelajaranmenggunakan media latihandindingpemantul(X2) lebihbaikpengaruhnyaterhadappeningkatanhasilbelajarketerampilanheading padasiswa SSB HarimauBekonang U-12 Tahun 2014daripadametodepembelajaranmenggunakan media latihan bola gantung (X1), denganpeningkatan(X1) = 14,613% <(X2) = 38,374%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaanpengaruh metodepembelajaranmenggunakan media latihan bola gantung dan dinding pemantulterhadappeningkatan hasilbelajarketerampilan heading sepakbolapadasiswaSSB Harimau Bekonang U-12 Tahun 2014, dengan thitung = 2,2081>ttabel = 2,145, (2) Metodepembelajaranmenggunakan media latihan dinding pemantulmemilikipengaruh yang lebihbaikdaripada metodepembelajaranmenggunakan media latihan bola gantungterhadappeningkatan hasilbelajarketerampilan heading sepakbolapadasiswa SSB Harimau Bekonang U-12 Tahun 2014, denganpeningkatan (X1) = 14,613% < (X2) = 38,374%. perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user vii Kata kunci:Heading, Metode Pembelajaran, Media Latihan, Bola Gantung, Dinding pemantul.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 02 Sep 2015 14:21
    Last Modified: 02 Sep 2015 14:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17497

    Actions (login required)

    View Item