ANALISIS PENGARUH RISIKO PADA KONTRAK KERJA KONSTRUKSI TERHADAP BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI (StudiKasus :Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring RoadSeksi II A)

Mulyarko, Lazuardi Gagah (2015) ANALISIS PENGARUH RISIKO PADA KONTRAK KERJA KONSTRUKSI TERHADAP BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI (StudiKasus :Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring RoadSeksi II A). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (168Kb) | Preview

    Abstract

    Lazuardi Gagah Mulyarko, 2014, Analisa Pengaruh Risiko Pada Kontrak Kerja Konstruksi Terhadap Biaya Pekerjaan (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi II A), Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam proyek konstruksi, risiko selalu ada dalam setiap proses pekerjaan proyek khususnya dalam kontrak kerja konstruksi. Hal ini disebabkan oleh ketidakpastian atau ketidakjelasan informasi yang terdapat dalam kontrak kerja konstruksi. Dan akan berpengaruh terhadap biaya pekerjaan konstruksi. Sehingga dilakukan penelitian mengenai pengaruh risiko pada kontrak kerja konstruksi terhadap biaya pekerjaan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi II A. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Rangkaian analisis dimulai dengan melakukan identifikasi variabel risiko melalui studi literatur. Kemudian dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode survei dan wawancara terhadap responden yang terkait dengan proyek. Hasil identifikasi ini dianalisis menggunakan metode Severity Index (SI) dan Matriks Probability and Impact. Didapat hasil variabel risiko yang signifikan pada proyek. Dari hasil tersebut dilakukan analisis respon risiko oleh responden untuk penanganan risiko yang signifikan. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa variabel risiko yang signifikan terdapat dalam kode risiko A.3 (kontraktor mendapatkan informasi yang jelas mengenai kondisi lapangan pada saat kunjungan lapangan) dengan asumsi risiko yang mempengaruhi biaya pekerjaan sebesar 0,40 % dari nilai kontrak. Dan respon yang dilakukan adalah secara avoid dan mitigate. Kata kunci : Kontrak Kerja Konstruksi, Analisis risiko, Respon risiko.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
    T Technology > TF Railroad engineering and operation
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 14:12
    Last Modified: 02 Sep 2015 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17494

    Actions (login required)

    View Item