EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MANDIRI ANTARA YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA INDIVIDUAL DENGAN LEMBAR KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN IPA ANAK TUNARUNGU KELAS VB DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014 / 2015

Nugraheni, Permata Primadhita (2015) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MANDIRI ANTARA YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA INDIVIDUAL DENGAN LEMBAR KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN IPA ANAK TUNARUNGU KELAS VB DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (3368Kb) | Preview

    Abstract

    Permata Primadhita Nugraheni. K5111044. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MANDIRI ANTARA YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA INDIVIDUAL DENGAN LEMBAR KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN IPA ANAK TUNARUNGU KELAS VB DI SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran mandiri antara yang menggunakan lembar kerja individual dengan yang menggunakan lembar kerja kelompok dalam mata pelajaran IPA bagi anak tunarungu. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Subyek penelitian merupakan delapan siswa tunarungu yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh di kelas Vb SMPLB di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes isian singkat. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Sign Rank Test, dengan menggunakan SPSS versi 22 sebagai alat untuk mengolah data. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata pembelajaran mandiri dengan lembar kerja kelompok sesudah diberikan perlakuan sebesar 78,75 lebih tinggi daripada hasil nilai rata-rata pembelajaran mandiri lembar kerja individual sebesar 67,50. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui nilai Z hitung adalah -2,084b dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,037 pada taraf signifikan (α) 0,05 atau 5%. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan penerapan pembelajaran mandiri antara yang menggunakan lembar kerja individual dengan lembar kerja kelompok dalam mata pelajaran IPA anak tunarungu kelas VB di SLB-B YRTRW Surakarta Tahun ajaran 2014/2015, dan pembelajaran mandiri dengan lembar kerja kelompok lebih baik dari pada pembelajaran mandiri dengan lembar kerja individual. Kata Kunci: Pembelajaran mandiri, Lembar Kerja individual, Lembar kerja Kelompok, siswa tunarungu, Ilmu Pengetahuan Alam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 02 Sep 2015 13:59
    Last Modified: 02 Sep 2015 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17492

    Actions (login required)

    View Item