PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN PENGIKAT PATI BERAS KETAN HITAM (Oryza sativa L) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA 7% DAN 10% TERHADAP SIFAT FISIK TABLET ANTALGIN

FATHONAH, EKA NURUL (2015) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN PENGIKAT PATI BERAS KETAN HITAM (Oryza sativa L) DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA 7% DAN 10% TERHADAP SIFAT FISIK TABLET ANTALGIN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (175Kb) | Preview

    Abstract

    Bahan pengikat merupakan salah satu bahan tambahan yang memegang peranan penting terhadap sifat fisik tablet. Dalam pemilihan bahan pengikat harus disesuiakan dengan sifat kompatibilitas komponen lain dari tablet.Penelitian ini menggunakan amilum daripatiberas ketan hitam, hal ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan pengikat pati beras ketan hitam terhadap sifat fisik tablet. Pembuatan tablet ini dilakukan dengan metodegranulasibasah menggunakan variasibahanpengikat yang berbedayaitu formula I menggunakan pati berasketanhitam 7% dan formula II menggunakanpatiberasketanhitam 10%. Pati beras ketan hitam diperoleh dari beras ketan hitam yang dihaluskan dengan menggunakan blender dan kemudian dikeringkan dalam oven padasuhu400C.Setiap formula tersebutdilakukanujisifatfisikgranuldansifatfisik tablet.Data yang diperoleh dianalisa menggunakan uji Shapiro-Wilk kemudian dilanjutkan uj it- independent untuk data yang terdistribusi normal dan ujiMann-Whitney untuk data yang tidak terdistribusi normal. Penggunaan bahan pengikat pati beras ketan hitam dengan konsentrasi yang berbeda sangat berpengaruh terhadap hasil uji sifat fisik tablet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kekerasan tablet untuk formula 1 sebesar 6,63 kg danformula 2 sebesar6,58kg. Ujiwaktuhancur formula 1 sebesar 8menit 48 detikdanformula 2sebesar 9 menit 06 detik. Uji kerapuhan untuk formula 1sebesar 0,22% danformula 2 sebesar0,13%.Sedangkan untuk uji keseragaman bobot diperoleh bobot rata-rata untuk formula 1 sebesar 358,5danformula 2 sebesar365. Kata kunci : bahan pengikat, pati beras ketan hitam, sifat fisik tablet antalgin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 02 Sep 2015 13:30
    Last Modified: 02 Sep 2015 13:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17485

    Actions (login required)

    View Item