PENYUSUNAN INSTRUMEN TES FISIKA TENGAH SEMESTER GASAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Mustofa, Imam (2015) PENYUSUNAN INSTRUMEN TES FISIKA TENGAH SEMESTER GASAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (376Kb) | Preview

    Abstract

    Imam Mustofa. PENYUSUNAN INSTRUMEN TES FISIKA TENGAH SEMESTER GASAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes fisika untuk tes fisika tengah semester gasal kelas XI IPA yang sesuai dengan karakteristik tes fisika yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Data dalam penelitian ini merupakan data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil penelaahan butir tes oleh ahli dan data kuantitatif berupa jawaban siswa dari tes tertulis. Tes tertulis dilaksanakan sebanyak dua kali uji coba. Analisis data dilakukan dari aspek kualitatif yang meliputi materi, konstruksi dan bahasa serta analisis kuantitatif dengan menggunakan progam MicroCat Iteman versi 3.00 untuk mengetahui taraf kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Penyusunan tes dilakukan melalui tahapan: penyusunan spesifikasi tes, penulisan tes, penelaahan tes, uji coba, analisis butir soal sampai tahap memperbaiki tes. Berdasarkan dari data kualitatif dapat dikemukakan bahwa secara umum instrumen tes direvisi dalam segi bahasa dan redaksinya. Berdasarkan hasil analisis data uji coba I diperoleh hasil 22,5% item diterima, 55% item direvisi dan 22,5% item ditolak. Adapun karakteristik tes uji coba I yaitu: dari segi taraf kesukaran: terdapat 12,5% katagori mudah, 42,5% katagori sedang, dan 45% katagori sukar, dari segi daya beda: sangat baik (excellent) sebanyak 15%, baik (good) sebanyak 22,5%, cukup (satisfactory) sebayak 25%, rendah (poor) sebanyak 20% dan sangat jelek sebanyak 17,5%, dari segi keefektifan distraktor: 35% soal empat distraktor berfungsi, 40% soal 3 distraktor berfungsi, 17,5% soal dua distraktor berfungsi dan 7,5% soal satu distraktor berfungsi. Berdasarkan hasil analisis data uji coba II diperoleh karakteristik tes sebagai berikut: dari segi taraf kesukaran: terdapat 54,8% katagori mudah, 42% katagori sedang, dan 3,2% katagori sukar, dari segi daya beda: sangat baik (excellent) sebanyak 12,9%, baik (good) sebanyak 54,8%, cukup (satisfactory) sebayak 12,9%, rendah (poor) sebanyak 12,9% dan sangat jelek sebanyak 6,5%, dari segi keefektifan distraktor: 41,9% soal empat distraktor berfungsi, 32,3% soal 3 distraktor berfungsi, 19,4% soal dua distraktor berfungsi dan 6,4% soal satu distraktor berfungsi. Hasil akhir sebanyak 48,4% soal layak dipakai sebagai instrumen tes fisika kelas XI tengah semester gasal, 41,9% soal perlu dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dan 9,7% ditolak. Kata Kunci: Pengembangan tes, tes fisika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 02 Sep 2015 13:15
    Last Modified: 02 Sep 2015 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17481

    Actions (login required)

    View Item