PENALARAN ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MARGOYOSO KABUPATEN PATI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nuraini, Latifah (2015) PENALARAN ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MARGOYOSO KABUPATEN PATI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1515Kb) | Preview

    Abstract

    Latifah Nuraini. 2015. S85130830. Penalaran Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati dalam Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing I: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Pembimbing II: Dr. Sri Subanti, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui level-level penalaran aljabar siswa kelas VII SMP N 1 Margoyoso dan (2) mendeskripsikan karakteristik masing-masing level penalaran aljabar siswa kelas VII SMP N 1 Margoyoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Prosedur pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel bertujuan dengan teknik bola salju. Data penelitian ini berupa karakteristik penalaran aljabar, dengan sumber data pekerjaan subjek, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, tes tertulis dan pedoman wawancara sebagai instumen bantu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Validitas data ditentukan dengan triangulasi waktu, yaitu menguji kredibilitas data dengan pemberian tugas pada waktu yang berbeda. Analisis data menggunakan teknik perbandingan tetap yang secara umum terdiri dari reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan menyusun teori substantif. Data dianalisis berdasarkan indikator penalaran aljabar, yaitu memahami masalah, melakukan generalisasi, membuat bentuk umum, dan menyelesaikan masalah. Terdapat empat level penalaran aljabar siswa kelas VII SMP N 1 Margoyoso yaitu level 0, level 1, level 2, dan level yang berada di atas level 2 namun belum mencapai level 3. Diperoleh sepuluh subjek, dengan dua subjek pada level 0, dua subjek pada level 1, tiga subjek pada level 2, dan tiga subjek pada level yang berada di atas level 2 namun belum mencapai level 3. Karakteristik penalaran aljabar pada masing-masing level adalah sebagai berikut. Karakteristik siswa dengan penalaran aljabar level 0: dapat memahami masalah, menggunakan bahasa natural, yang berarti siswa tidak menggunakan variabel atau tidak memahami makna variabel, menentukan hasil bergantung dengan objek khusus, siswa tidak dapat membuat bentuk umum, sehingga tidak melakukan operasi terhadap variabel pada bentuk umum. Karakteristik siswa dengan penalaran aljabar level 1: dapat memahami masalah, dapat melakukan generalisasi dengan menggunakan bahasa natural, hal ini berarti siswa tidak menggunakan variabel atau tidak memahami makna variabel, siswa tidak dapat membuat bentuk umum, sehingga tidak melakukan operasi terhadap variabel pada bentuk umum. Karakteristik siswa dengan penalaran aljabar level 2: dapat memahami masalah, dapat melakukan generalisasi dan menggunakan bahasa simbol, bentuk umum yang dibuat merupakan hasil dari generalisasi yang menggunakan variabel, namun subjek tidak dapat melakukan operasi terhadap variabel. Karakteristik siswa dengan penalaran aljabar level yang berada di atas level 2 namun belum mencapai level 3: dapat memahami masalah, dapat melakukan generalisasi dan menggunakan bahasa simbol, bentuk umum yang dibuat merupakan hasil dari generalisasi yang menggunakan variabel, mampu membuat bentuk umum berupa fungsi dan melakukan operasi pada variabel setelah mendapat dorongan. Kata kunci: penalaran, penalaran aljabar, level-level penalaran aljabar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 13:17
    Last Modified: 02 Sep 2015 13:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17475

    Actions (login required)

    View Item