ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI PELARUT FOSFAT DARI RIZOSFER TANAMAN PADI (Oryza sativa) PADA TANAH SAWAH ORGANIK DAN NON ORGANIK DI KABUPATEN SUKOHARJO

Purwanti, Dwi (2015) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI PELARUT FOSFAT DARI RIZOSFER TANAMAN PADI (Oryza sativa) PADA TANAH SAWAH ORGANIK DAN NON ORGANIK DI KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (503Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu unsur hara penting dalam tanah yaitu fosfat. Pemupukan fosfat sering tidak efisien karena fosfat terikat dan sukar diserap tanaman. Pemanfaatan bakteri pelarut fosfat (BPF) dapat dijadikan alternatif ketersediaan unsur P di dalam tanah. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan isolat-isolat BPF yang memiliki kemampuan tinggi melarutkan fosfat, dan mengidentifikasi isolat-isolat BPF tersebut secara molekuler. Sampel tanah diambil dari sawah organik dan non organik di daerah Sukoharjo yaitu Desa Grogol, Kecamatan Weru, di Desa Menuran, Kecamatan Baki, dan di Desa Pondok, Kecamatan Nguter. Kegiatan penelitian dilakukan beberapa tahap, yaitu isolasi BPF pada medium Pikovskaya, karakterisasi dan pengujian BPF dalam melarutkan P, serta pewarnaan gram. Koloni BPF yang mempunyai indeks pelarutan fosfat dan menunjukkan warna koloni berbeda diambil kemudian dilakukan isolasi DNA. Isolasi DNA dilakukan dengan metode ekstraksi menggunakan DNA ekstraksi kit. Sampel DNA yang diperoleh diamplifikasi gen penyandi 16S rRNA. Sekuensing dilakukan menggunakan genetic analyzer. Analisis data dengan membandingkan data sekuen pada program BLASTN. Berdasarkan hasil isolasi sampel rizosfer tanah sawah organik diperoleh 14 isolat BPF, sawah non organik 10 isolat BPF. Isolat P13, P1, Q7, dan Q8 memiliki kemampuan melarutkan P tertinggi dengan indeks pelarutan (IP), yaitu 3.35, 2.13, 1.82 and 1.47. Hasil analisis sekuen gen 16S rRNA menunjukkan bahwa isolat P1 dan P13 memiliki kemiripan sebesar 99% dengan Acinetobacter sp. galur ADP1. Isolat Q7 memiliki kemiripan sebesar 96% dengan genus Clavibacter strain NCPPB 382, sedangkan Q8 memiliki kemiripan sebesar 99% dengan Pseudomonas aeruginosa galur PAO1. Kata kunci: Sawah organik dan non organik, fosfat, bakteri pelarut fosfat, gen penyandi 16S rRNA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QK Botany
    Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 02 Sep 2015 12:28
    Last Modified: 05 Sep 2015 10:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17469

    Actions (login required)

    View Item