ENINGKATAN ANALISIS KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELAS BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SURUHKALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Musadam, Fahrud (2015) ENINGKATAN ANALISIS KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELAS BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SURUHKALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (549Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Fahrud Musadam. PENINGKATAN ANALISIS KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELAS BERBASIS EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 03 SURUHKALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan analisis konsep sifat-sifat cahaya melalui pembelajaran Kooperatif tipe Keliling Kelas berbasis Eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang Tahun Pelajaran 2013/2014 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang yang berjumlah 27 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa rata-rata ulangan harian tentang konsep sifat-sifat cahaya adalah 63,89 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 40,74%. Pada siklus I, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 67,90 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 59,26%. Pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 74,94 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 81,48%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model Kooperatif tipe Keliling Kelas berbasis eksperimen dapat meningkatkan analisis konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Sifat-sifat Cahaya, Model Kooperatif tipe Keliling Kelas Berbasis Eksperimen, Analisis Konsep

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 02 Sep 2015 14:18
    Last Modified: 02 Sep 2015 14:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17466

    Actions (login required)

    View Item