PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI LEMBAGA PENDIDIKAN KURSUS DAN PELATIHAN ISTIBANK SURAKARTA TAHUN 2014

Puspitaningsih, Ika (2015) PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI LEMBAGA PENDIDIKAN KURSUS DAN PELATIHAN ISTIBANK SURAKARTA TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (231Kb) | Preview

    Abstract

    Ika Puspitaningsih. K7410095. PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PESERTA DI LEMBAGA PENDIDIKAN KURSUS DAN PELATIHAN ISTIBANK SURAKARTA TAHUN 2014. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2015 Tujuan penelitian ini adalah:1)Untuk mendiskripsikan pengaruh dimensi bauran pemasaran jasa (produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, manajemen pelayanan) secara simultan terhadap kepuasan peserta di Lembaga Pendidikan Kursus dan Pelatihan Istibank Surakarta. (2) Untuk mendiskripsikan pengaruh dimensi bauran pemasaran jasa (produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, manajemen pelayanan) secara parsial kepuasan peserta di Istibank Surakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh peserta di Istibank Surakarta 2014. Sampel diambil dengan teknik propotionate stratified random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 peserta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala likert. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, autokorelasi, dan linearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara strategi bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan peserta. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. (2) Secara parsial (produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, manajemen pelayanan) terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta. Hal ini ditunjukkan oleh thitung lebih besar dari ttabel: (a) produk 2.227 > 1.997, (b) harga 2.300 > 1.997, (c) lokasi 2.125 > 1.997, (d) promosi 2.142 > 1.997, (e) sumber daya manusia 2.129 > 1.997, (f) bukti fisik 3.068 > 1.997, (g) manajemen pelayanan 2,240 > 1.997. Kesimpulan dari penelitian ini secara simultan strategi bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap kepuasan peserta di Lembaga Pendidikan Kursus dan Pelatihan Istibank Surakarta 2014. Secara parsial dimensi produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik, dan manajemen pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta di Lembaga Pendidikan Kursus dan Pelatihan Istibank Surakarta 2014. Kata kunci : strategi bauran pemasaran jasa dan kepuasan konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 02 Sep 2015 11:52
    Last Modified: 02 Sep 2015 11:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17459

    Actions (login required)

    View Item