PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Wicaksono, Herman Rudi and santoso, sigit and Hamidi, Nurhasan (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) UNS, 1 (2). pp. 1-10.

[img] PDF - Published Version
Download (370Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi.Sumber data diperoleh dari tempat, aktivitas, dan dokumen. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triagulasi, expert opinion, dan key respondent review. Analisa data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini terbukti dengan fakta-fakta bahwa prosentase prestasi belajarsiswa pada pratindakan sebesar 29,41%, siklus I meningkat menjadi 71,43%, siklus II meningkat menjadi 93,94%, dan siklus III meningkat menjadi 100%. Kata kunci: Prestasi belajar, Teams Games Tournament (TGT), Puzzle

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 837 not found.
    Date Deposited: 10 Jul 2013 05:42
    Last Modified: 10 Jul 2013 06:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1745

    Actions (login required)

    View Item