PERBEDAAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FK UNS SEMESTER I DAN SEMESTER VII

Putri, Deyona Annisa (2015) PERBEDAAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FK UNS SEMESTER I DAN SEMESTER VII. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (424Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah ditetapkan Senat FK UNS sebagai model pembelajaran yang digunakan di Prodi Pendidikan Dokter sejak 2007. Salah satu tujuan PBL adalah meningkatkan kemampuan Self Directed Learning (SDL) mahasiswa. SDL merupakan proses dimana individu mengambil inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, untuk memutuskan kebutuhan belajar, merumuskan tujuan belajar, mengidentifikasi sumber daya belajar, memilih dan menerapkan strategi belajar, serta mengevaluasi hasil belajar. SDL dapat diukur dan direpresentasikan oleh tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR). Salah satu manfaat penelitian ini adalah sebagai evaluasi penerapan PBL di FK UNS. Sehingga, peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada perbedaan SDLR pada mahasiswa Pendidikan Dokter FK UNS semester I dan semester VII. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada Desember 2014 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 386 mahasiswa semester I dan semester VII yang dipilih berdasarkan kriteria restriksi dengan teknik sampling simple random sampling. Data diukur menggunakan Self Directed Learning Readiness (SDLR-NE) dalam Bahasa Indonesia dan dianalisis menggunakan Independent t-Test melalui program SPSS 20.0 for Windows. Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan rerata skor SelfDirected Learning Readiness (SDLR) pada mahasiswa semester I sebesar 149.09 ± 18.346 dan untuk mahasiswa semester VII sebesar 147.41 ± 15.856 serta hasil Independent t-Test menunjukkan p = 0.337. Simpulan Penelitian : Tidak terdapat perbedaan Self Directed Learning Readiness yang signifikan antara mahasiswa semester I dengan mahasiswa semester VII di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Kata kunci : SelfDirected Learning Readiness, mahasiswa, pendidikan dokter

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Sep 2015 10:44
    Last Modified: 02 Sep 2015 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17429

    Actions (login required)

    View Item