Identitas Wanita yang Tercermin dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata (Sebuah Tinjauan Kritik Sastra Feminis)

Sholihah, Deby Fajarwati (2015) Identitas Wanita yang Tercermin dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata (Sebuah Tinjauan Kritik Sastra Feminis). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1053Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan unsur struktural yang membangun dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata berdasar teori strukturalisme Robert Stanton. (2) Mendeskripsikan identitas wanita yang tercermin dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata dalam perspektif pendekatan kritik sastra feminis. (3) Mendeskripsikan pengaruh identitas wanita pada tokoh yang lain dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata dalam perspektif pendekatan kritik sastra feminis. Bentuk penelitian ini adalah bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata diterbitkan oleh Narasi pada tahun 2010. Data sekunder dalam penelitian ini adalah terdiri dari buku – buku penunjang dalam penelitian sastra ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik content analysis atau kajian isi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Secara keseluruhan unsur-unsur yang membangun struktur novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata saling terkait yang mempunyai karakter dan alur yang saling mendukung, sehingga membentuk satu kesatuan yang indah. (2) Ditinjau dari identitas wanita yang tercermin dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Tokoh Pawestri mempunyai identitas. Identitas tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu identitas tokoh Pawestri dari segi fisik; identitas tokoh Pawestri dari segi psikis meliputi identitas wanita sebagai seorang yang pandai, mengerti akan kebaikan orang lain, pantang menyerah, tegas, kuat, memikirkan orang lain, bertanggung jawab, mempunyai tujuan hidup, pemaaf, rendah hati; dan identitas tokoh Pawestri dari segi sosial, ia sebagai seorang yang bekerja keras. (3) Ditinjau dari segi pengaruh terhadap tokoh yang lain, tokoh Pawestri sangat berpengaruh terhadap beberapa tokoh sehingga membuat tokoh-tokoh lain menjadi pribadi yang lebih baik. Kata kunci: Identitas wanita, novel Pawestri Tanpa Idhentiti, kritik sastra feminis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
    P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Daerah
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 02 Sep 2015 10:43
    Last Modified: 05 Sep 2015 10:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17421

    Actions (login required)

    View Item