UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN DEMONSTRASI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Utami, Deti Dwi (2015) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN DEMONSTRASI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (637Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan demonstrasi pada materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 28 siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Prosedur penelitian menggunakan model spiral yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian aktivitas siswa sebesar 76,38% pada siklus I menjadi 82,86% pada siklus II. Ketercapaian prestasi belajar aspek kognitif meningkat dari 60,71% pada siklus I menjadi 92,86% pada siklus II, sedangkan ketercapaian prestasi belajar aspek afektif pada siklus I sebesar 80,13% menjadi 80,70% pada siklus II. Berdasarkan angket respon balikan siswa terhadap pembelajaran, diketahui bahwa mayoritas siswa (96,43%) memberikan respon positif terhadap pembelajaran kimia yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan demonstrasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono pada materi Hidrolisis Garam. Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), aktivitas siswa, demonstrasi, prestasi belajar, Hidrolisis Garam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Sep 2015 10:08
    Last Modified: 02 Sep 2015 10:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17405

    Actions (login required)

    View Item