Hubungan tingkat pendidikan formal orang tua dengan pola pengasuhan balita di desa Menoreh kecamatan Salaman kabupaten Magelang

Irsalina , Rahma (2010) Hubungan tingkat pendidikan formal orang tua dengan pola pengasuhan balita di desa Menoreh kecamatan Salaman kabupaten Magelang. Other thesis, UNS.

[img] Archive (ZIP)
Download (820Kb)

    Abstract

    Abstrak Perawatan orang tua yang penuh kasih sayang dan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan, baik agama maupun sosial budaya yang diberikan merupakan faktor yang kondusif untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang sehat. Orang tua dituntut untuk jeli mengamati perkembangan anak dan diharapkan dapat menerapkan pola asuh yang tepat. Cara pengasuhan yang dipakai orang tua dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan karena dapat memberikan dampak bagi pola pikir dan pandangan orang tua terhadap cara mengasuh dan mendidik anaknya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan formal orang tua dengan pola pengasuhan balita di desa Menoreh kecamatan Salaman kabupaten Magelang. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan studi korelasi. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2010 dengan jumlah populasi sebanyak 320 orang tua. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 66 orang tua. Pengumpulan data untuk tingkat pendidikan formal dan pola pengasuhan dengan menyebarkan kuesioner ke responden. Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan formal orang tua dengan pola pengasuhan balita, teknik analisis yang digunakan adalah chi square test pada tingkat kepercayaan 95% dan diolah dengan program SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi (p) sebesar 0,000 sehingga p<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua dengan pola pengasuhan balita di desa Menoreh kecamatan Salaman kabupaten Magelang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username anggit
    Date Deposited: 25 Nov 2010 20:47
    Last Modified: 25 Nov 2010 20:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/174

    Actions (login required)

    View Item