IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA DI PULAU LOMBOK ( Perbandingan Bakat Olahraga Usia 11-14 Tahun Ditinjau Dari Dataran Rendah Dan Tinggi)

Suryadi, Lalu Erpan (2015) IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA DI PULAU LOMBOK ( Perbandingan Bakat Olahraga Usia 11-14 Tahun Ditinjau Dari Dataran Rendah Dan Tinggi). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (237Kb) | Preview

    Abstract

    Lalu Erpan Suryadi. A121308068. IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA DI PULAU LOMBOK. (Perbandingan Bakat Olahraga Usia 11-14 Tahun Ditinjau Dari Dataran Rendah Dan Tinggi). Pembimbing I Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr. AIFO, Pembimbing II Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui bakat olahraga anak usia 11-14 tahun dari dataran rendah dan tinggi di pulau lombok. (2) Untuk mengetahui perbedaan bakat olahraga anak usia 11-14 tahun dari dataran rendah dan tinggi di pulau lombok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta tes dan pengukuran pemanduan bakat dengan metode Sport Search adalah suatu model pengidentifikasian bakat terdiri dari 10 macam tes yang bertujuan untuk membantu anak (usia 11-14 tahun), untuk menemukan potensi anak dalam belorahraga yang disesuaikan dengan karakteristik dan potensi anak. Kesepuluh butir tes tersebut adalah : (1) Tinggi Badan. (2) Tinggi Duduk. (3) Tinggi Badan. (4) Rentang Tangan. (5) Lempar tangkap Bola Tenis. (6) Lempar Bola Basket. (7) Loncat Tegak. (8) Lari Kelincahan. (9) Lari Cepat 40 meter. (10) Lari Multitahap. Hasil identifikasi bakat olahraga di dataran rendah adalah Atletik lari sprin, Atletik Lompat Tinggi, Lompat jauh dan olahraga bola voli. Bakat olahraga di dataran tinggi adalah Atletik Lompat Tinggi, Loncat Indah, Kriket Indoor, dan Panahan. Bakat olahraga yang dominan di dataran rendah adalah Atletik lari sprint. Sedangkan dataran tinggi adalah Atletik Lompat Tinggi. Kata Kunci : Identifikasi Bakat Olahraga, Perbandingan Bakat Olahraga, Dataran Tinggi, Dataran Rendah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 02 Sep 2015 00:13
    Last Modified: 02 Sep 2015 00:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17398

    Actions (login required)

    View Item