PENINGKATAN PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLIPCHART PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL BULUREJO JUWIRING KLATEN TAHUN AJARAN 2014/ 2015

FERAWATI, IDA (2015) PENINGKATAN PENGENALAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLIPCHART PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL BULUREJO JUWIRING KLATEN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (597Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengenalan membaca permulaan dengan menggunakan media Flipchart pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bulurejo Juwiring Klaten Tahun 2014-2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bulurejo Juwiring Klaten yang berjumlah 29 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, waeancara tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif interaktif yang meliputi tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media Flipchart dapat meningkatkan pengenalan membaca permulaan anak kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal Bulurejo Juwiring Klaten dari prasiklus ke siklus I, dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. Tingkat pengenalan membaca permulaan anak tergolong masih rendah terbukti dari aktivitas anak pada proses pembelajaran pengenalan membaca permulaan masih kurang antusias dna masih selalu dibimbing guru. Nilai rata-rata pengenalan membaca permulaan anak pada prasiklus adalah 54.31 yakni sebesar 34.49% atau 10 anak yang mecapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I nilai rata-rata pengenalan membaca permulaan anak mencapai 65.52 yakni sebesar 44.83% atau 13 anak yang mencapai nilai tuntas. Dilanjutkan ke siklus II nilai rata-rata 72.99 yakni sebesar 58.62% atau 17 anak mencapai nilai tuntas. Kemudian berlanjut ke siklus III terjadi peningkatan nilai rata-rata mencapai 78.45 yakni sebesar 75.86% atau 22 anak yang mecapai nilai tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui media Flipchart dapat meningkatkan pengenalan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Busthanul Athfal Bulurejo Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014-2015. Kata Kunci: Pengenalan Membaca Permulaan, Media, Flipchart

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 01 Sep 2015 22:46
    Last Modified: 01 Sep 2015 22:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17388

    Actions (login required)

    View Item