ANALISIS PENGGUNAAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Margono, Alina (2015) ANALISIS PENGGUNAAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN TAHAPAN POLYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (851Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pengetahuan metakognitif siswa yang menjawab benar danyang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah kontekstual terkait materi bangun datar segitiga berdasarkan tahapan Polya. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VII B SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui teknik purposive, didasarkan pada jawaban pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi. Subjek terpilih adalah dua siswa yang secara konsisten menjawab benar dan dua siswa yang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalahpada setiap tes pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas.Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu.Teknik analisis data meliputi tiga kegiatan, yaitu mereduksi dan menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh, subjek yang menjawab benar menunjukkan bahwa penggunaan sub tipe dari pengetahuan metakognitif pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana meliputi pengetahuan strategis, pengetahuan tentang tugas kognitif, dan pengetahuan-diri. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek menunjukkan penggunaan pengetahuan strategis dan pengetahuan tentang tugas kognitif. Pada tahap memeriksa kembali hanya menunjukkan penggunaan pengetahuan strategis. Siswa yang melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah kontekstual menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah, subjek menggunakan sub tipe pengetahuan metakognitif berupa pengetahuan strategis dan pengetahuan tentang tugas kognitif. Pada tahap menyusun dan melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek hanya menunjukkan penggunaan pengetahuan strategis. Karena subjek tidak memeriksa kembali pemecahan masalah yang ia lakukan sehingga tidak menunjukkan penggunaan satu tipe pun dari pengetahuan metakognitif. Kata kunci: metakognisi, pengetahuan metakognitif, pengetahuan strategis, pengetahuan tentang tugas kognitif, pengetahuan-diri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 01 Sep 2015 22:27
    Last Modified: 01 Sep 2015 22:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17381

    Actions (login required)

    View Item