PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER TAHUN PERTAMA YANG BERTEMPAT TINGGAL DENGAN ORANG TUA DAN KOST DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNS

Puspitarini, Deneisha Kartika (2015) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER TAHUN PERTAMA YANG BERTEMPAT TINGGAL DENGAN ORANG TUA DAN KOST DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (222Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Berhasil tidaknya seseorang dalam belajarditentukanolehbanyakfaktorsalahsatunyaadalahlingkungankeluarga.Mahasi swatahunpertama yang barumengalamitransisisosialkeperguruantinggisebagianbesarberasaldariberbagaid aerahdimanamahasiswatahunpertamaharusmemulaikehidupan yang mandiridanjauhdarikeluarga.Penelitian inibertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar pada mahasiswa pendidikan dokter tahun pertama yang bertempat tinggal dengan orang tua dengan kost di FK UNS. Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.Sampelnyaadalah mahasiswa Program Studi PendidikanDokter FK UNS angkatan 2014, yang berusia dibawah 21 tahun, memilih jurusan pendidikan dokter atas kemauannya sendiri, dantidak tinggal bersama keluarga selain orang tua kandung. Pengambilan sampel secarapurposive samplingsetelah diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi penelitian. Variabel bebasnyaadalah tempat tinggal, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar. Subjek penelitian mengisi (1) informed consent, (2) kuesioner skala motivasi akademik, (3) formulir biodata dan kuesioner tempat tinggal. Data sekunder berupa nilai ujian blok. Diperoleh data sebanyak 100 subjek penelitian dan dianalisis menggunakan uji T. Hasil Penelitian:Dari analisis dataantaramotivasi belajar mahasiswa yang bertempattinggalbersamaorang tua dengan mahasiswa yang kostterdapatperbedaan yang bermaknadenganp = 0,001. Hasilsampingandaripenelitianinijugamenunjukkanperbedaan yang bermaknaantaramotivasibelajardannilaiujianblokdengan p = 0,005. Simpulan Penelitian: Secara statistik, adaperbedaan bermaknabahwamotivasi belajar mahasiswa yang bertempattinggalbersamaorang tua lebihtinggidaripadamahasiswa yang kost di FK UNS. Kata Kunci :tempattinggal, motivasibelajar, nilaiujianblok

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Sep 2015 22:25
    Last Modified: 01 Sep 2015 22:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17379

    Actions (login required)

    View Item