PENERAPAN MANAJEMEN KOMPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PESERTA DI PT TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA

PRATIWI, YUNITA NUR INDAH (2015) PENERAPAN MANAJEMEN KOMPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PESERTA DI PT TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (826Kb) | Preview

    Abstract

    Laporan Tugas Akhir ini berjudul “Penerapan manajemen komplain untuk meningkatkan kepuasan peserta di PT TASPEN (Persero) cabang Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen komplain yang diberikan oleh PT TASPEN Surakarta terhadap kepuasan peserta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan pengamatan. Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan penerapan manajemen komplain di PT TASPEN (Persero) Surakarta terhadap kepuasan peserta. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan langsung dari karyawan PT TASPEN (Persero) Surakarta dan peserta yang sudah pernah mengajukan komplain ke perusahaan melalui hasil wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari referensi buku, makalah, maupun internet. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen komplain PT TASPEN Surakarta telah sesuai dengan yang diharapkan oleh peserta. Dengan adanya manajemen komplain tersebut dapat meningkatkan kepuasan peserta yang sudah pernah mengajukan komplain ke perusahaan tersebut. Saran yang dapat disampaikan untuk PT TASPEN Surakarta penerapan manajemen komplain harus dipertahankan karena perusahaan tersebut sudah memiliki layanan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh peserta bahkan lebih dari yang diharapkan, hanya saja untuk hardware yang digunakan harus lebih baru, canggih supaya dapat lebih melancarkan proses layanan. Kata Kunci : Manajemen komplain, kepuasan konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 01 Sep 2015 21:39
    Last Modified: 01 Sep 2015 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17362

    Actions (login required)

    View Item