NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI KAJIAN FEMINISME, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

Safari, Dede Muhtar (2015) NOVEL TEMPURUNG KARYA OKA RUSMINI KAJIAN FEMINISME, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI PERGURUAN TINGGI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (621Kb) | Preview

    Abstract

    Karya sastra berfungsi sebagai media peralihan budaya yang menghadirkan sisisisi budaya kehidupan. Melalui novel Tempurung, Oka Rusmini menampilkan ketimpangan nasib perempuan Bali yang tidak terungkap di khalayak. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui struktur novel Tempurung (2) mengetahui perjuangan tokoh perempuan (3) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tempurung karya Okar Rusmin, dan (4) mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Tempurung karya Oka Rusmini dengan materi pembelajaran sastra di perguran tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan pendekatan feminisme. Strategi penelitian ini menggunakan content analysis (mencatat dokumen dan arisp). Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berwujud kata, frase, ungkapan, atau kalimat yang ada dalam novel Tempurung. Sumber data penelitian dikelompokkan menjadi dua, yakni dokumen dan arsip berupa bahan tertulis yaitu isi novel Tempurung karya Oka Rusmini terbitan Grasindo, Jakarta 2010, tebal 460 halaman dan informan berupa manusia yang memiliki informasi terkait. Teknik cuplikan penelitian ini menggunakan Purposive sampling, yakni peneliti mencuplik bagian-bagian dalam novel Tempurung yang mewakili informasi agar bisa digunakan untuk sumber data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode noninteraktif yakni mencatat dokumen atau arsip (analisis isi). Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data dan trinangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model analisis interaktif yang meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) struktur novel Tempurung yang meliputi penokohan (penamaan tokoh Ida Ayu dan tokoh lainnya memiliki ketrekaitan dengan latar cerita). Tema tentang perjuangan tokoh perempuan memiliki keterkaitan dengan perwatakan tokoh utama yang mandiri dan kerja keras. Alur kontemporer memiliki keterkaitan dengan latar dan tema, serta gaya bahasa seperti simbolis, metafora, atau personifikasi memiliki ketrekaitan dengan penyebutan tokoh dan alur. (2) Perjuangan tokoh perempuan dalam novel Tempurung menentang adanya diskrimnasi gender dan sistem patriarki. (3) Dalam novel Tempurung terdapat 15 nilai-nilai pendidikan karakter, di antaranya; relegius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, tanggung jawab, dan peduli sosial. (4) Adanya relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Tempurung karya Oka Rusmini dengan materi pembelajaran sastra di perguran tinggi. Hal ini dikarenakan novel Tempurung karya Oka Rusmini sesuai dengan silabus yang diajarkan di perguruan tinggi. Selain itu, novel Tempurung mengandung nilai pendidikan karakter yang dapat membentuk watak dan perilaku dalam kehidupan yang lebih baik. Kata kunci: Feminisme, ketidakadilan gender, pendidikan karakter dalam novel

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Sep 2015 21:35
    Last Modified: 01 Sep 2015 21:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17360

    Actions (login required)

    View Item