Analisis Molecular Docking Fitokimia Famili Liliaceae terhadap Reseptor Estrogen α pada Kanker Payudara Dibandingkan Genistein

PERMANA, BRYAN PANDU (2015) Analisis Molecular Docking Fitokimia Famili Liliaceae terhadap Reseptor Estrogen α pada Kanker Payudara Dibandingkan Genistein. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (259Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Kanker payudara menempati peringkat kedua dalam insidensi kanker di dunia dengan 1,7 juta wanita terdiagnosis pada tahun 2012. Interaksi estrogen dan reseptor estrogen α berperan penting dalam progresivitas dan resistensi kanker payudara terhadap kemoterapi. Genistein merupakan contoh fitoestogen yang termasuk selective estrogen receptor modulators (SERMs) yang dapat menghambat aktivasi reseptor estrogen α (ERα) pada kanker payudara. Fitokimia lain diharapkan memiliki potensi lebih baik dibandingkan genistein. Beberapa fitokimia famili Liliaceae telah diteliti memiliki aktivitas antikanker namun masih belum diketahui potensinya dalam menghambat ERα. Penelitian ini menganalisis interaksi fitokimia famili Liliaceae terhadap ERα dengan teknik Molecular Docking. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional bioinformatika untuk menganalisis interaksi fitokimia dengan ERα. Analisis Molecular Docking dilakukan dengan program PLANTS 1.1 dibantu dengan progam preparasi MarvinSkecth 5.2 dan YASARA 10.1. Visualisasi hasil analisis Molecular Docking dilakukan dengan PyMOL 1.3. Hasil Penelitian: Enam senyawa yang memiliki skor docking lebih rendah dibandingkan genistein (-79,21) adalah spiraeoside (-84,80), stigmasterol (-84,28), cyanin (-83,79), β-sitosterol (-82,81), progesteron (-82,68), dan idaein (-82,22). Spiraeoside, cyanin, dan idaein memiliki satu atau lebih ikatan hidrogen terhadap ERα pada visualisasi. Keenam senyawa berikatan dengan ERα pada empat asam amino yang sama dengan genistein, yaitu Trp383, Leu525, Met528, dan Cys530. Simpulan Penelitian: Analisis Molecular Docking fitokimia famili Liliaceae menemukan enam fitokimia yang berikatan lebih kuat terhadap ERα dibandingkan genistein dengan tiga senyawa memiliki ikatan hidrogen dan struktur kimia yang mirip dengan genistein. Kata kunci: fitokimia famili Liliaceae, genistein, kanker payudara, Molecular Docking, reseptor estrogen α.

    Item Type: Other
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RB Pathology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 04 Sep 2015 13:49
    Last Modified: 04 Sep 2015 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17357

    Actions (login required)

    View Item