PENGEMBANGAN MOBILE POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5.5 PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA KELAS XI

REZEKI, YULIANTO AGUNG (2015) PENGEMBANGAN MOBILE POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5.5 PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA KELAS XI. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (495Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Mobile Pocket Book berbasis Android menggunakan Adobe Flash Professional CS5.5 pada materi Momentum dan Impuls SMA kelas XI yang memenuhi kriteria baik dari aspek materi, bahasa, evaluasi, dan media, serta dapat memotivasi siswa untuk belajar Fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan model prosedural yang mengacu pada Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Sumber data diperoleh dari ahli, reviewer, peer reviewer, dan siswa SMA dengan teknik pengambilan data dokumentasi, angket, dan wawancara. Angket validasi ahli, angket reviewer, angket peer reviewer, dan angket motivasi belajar untuk siswa menggunakan skala rating, sedangkan instrumen telaah butir soal dan angket uji coba produk oleh siswa menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dan pengkategorian data mengacu pada kriteria penilaian Saifuddin Azwar. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran Mobile Pocket Book berbasis Android yang dikembangkan menggunakan Adobe Flash Professional CS5.5 pada materi Momentum dan Impuls dengan desain tampilan meliputi: (a) satu halaman cover; (b) satu halaman menu yang terdiri 49 halaman ringkasan materi dan contoh soal serta penyelesaian; (c) 45 halaman latihan soal yang terdiri soal beserta pembahasan; (d) 18 halaman evaluasi yang terdiri soal evaluasi dan hasil skor jawaban; (e) tiga halaman tutorial; (f) satu halaman creator; (g) satu halaman pustaka; dan (h) satu halaman keluar mempunyai total durasi animasi 16,3 detik, warna dasar coklat muda, dimensi layar 320 x 480 pixel, dilengkapi sound effect setiap tombol, dan kapasitas memori 1,376 Mb dan dapat dijalankan pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android versi 2.3 (Gingerbread) ke atas. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli, reviewer, dan peer reviewer diperoleh 100 % validator menyatakan media sangat baik dari keseluruhan aspek, meliputi aspek materi, aspek bahasa, aspek evaluasi, dan aspek media. Berdasarkan hasil uji coba produk yang disempurnakan diperoleh 100 % siswa menilai produk media dalam kriteria sangat baik dan dapat memotivasi siswa untuk belajar Fisika. Skor total yang diperoleh dari angket motivasi belajar siswa sebelum menggunakan produk media dengan sesudah menggunakan produk media meningkat dari 1255 menjadi 1368 serta kenaikan persentase kategori motivasi belajar dari 3,33 % menjadi 20 % pada kategori sangat baik. Kata kunci: media pembelajaran, Mobile Pocket Book, mobile learning, Adobe Flash Professional CS5.5

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 01 Sep 2015 21:28
    Last Modified: 01 Sep 2015 21:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17356

    Actions (login required)

    View Item