EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE ROUNDTABLE DISERTAI DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) MELALUI PEERASSESSMENT PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HR, BQ. MALIKAH (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE ROUNDTABLE DISERTAI DENGAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) MELALUI PEERASSESSMENT PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (578Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS disertai dengan AfL melalui peer-assessment, model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peerassessment, atau model pembelajaran klasikal; (2) manakah tipe siswa yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan tipe climbers, tipe campers, atau tipe quitters; (3) pada masing-masing tipe AQ, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS disertai dengan AfL melalui peer-assessment, model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peerassessment, atau model pembelajaran klasikal; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa tipe climbers, tipe campers, atau tipe quitters. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu, dengan rancangan faktorial 3 x 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur pada tahun pembelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Diperoleh sampel berjumlah 347 siswa dengan rincian 116 siswa pada kelas eksperimen 1, 114 siswa pada kelas eksperimen 2, dan 117 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket AQ. Uji coba tes prestasi belajar meliputi analisis validitas isi, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji coba angket AQ meliputi analisis validitas isi, uji konsistensi internal, dan uji reliabilitas. Uji keseimbangan dilakukan dengan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama dan hasil pengujian menunjukkan bahwa ketiga populasi memiliki kemampuan awal yang sama. Uji prasyarat analisis data prestasi belajar matematika meliputi uji normalitas populasi dan uji homogenitas, diperoleh simpulan bahwa masing-masing sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Selanjutnya, uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikasni . Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TSTS disertai dengan AfL melalui peer-assessment menghasilkan prestasi matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peer-assessment dan model pembelajaran klasikal, serta model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peer-Assessment menghasilkan matematika belajar lebih baik daripada model pembelajaran klasikal; (2) Siswa tipe climbers memiliki prestasi matematika lebih baik daripada tipe campers dan tipe quitters, serta siswa tipe campers memiliki prestasi matematika lebih baik daripada siswa tipe quitters; (3) Pada siswa tipe climbers dan quitters, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS disertai dengan AfL melalui peer-assessment menghasilkan prestasi matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peer-assessment dan lebih baik daripada model pembelajaran klasikal, serta penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peer-assessment menghasilkan prestasi matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran klasikal. Pada siswa tipe campers, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS disertai dengan AfL melalui peer-assessment menghasilkan prestasi matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peer-assessment dan lebih baik daripada model pembelajaran klasikal, serta serta penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peerassessment menghasilkan prestasi matematika lebih baik daripada model pembelajaran klasikal. (4) Pada siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TSTS disertai dengan AfL melalui peer-assessment, siswa tipe climbers memiliki prestasi matematika yang sama baiknya dengan tipe campers dan lebih baik daripada tipe quitters, serta siswa dengan tipe campers memiliki prestasi matematika yang sama baiknya dengan tipe quitters. Pada siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe roundtable disertai dengan AfL melalui peer-assessment, siswa tipe climbers memiliki prestasi matematika yang sama baiknya dengan tipe campers dan lebih baik daripada tipe quitters, serta siswa tipe campers memiliki prestasi belajar lebih baik daripada tipe quitters. Pada siswa yang yang dikenai model pembelajaran klasikal, ketiga tipe siswa memiliki prestasi matematika yang sama. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS, Tipe Rountable, Peer-Assessment, Adversity Quotient, dan Prestasi Belajar Matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 04 Sep 2015 14:00
    Last Modified: 04 Sep 2015 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17352

    Actions (login required)

    View Item