KECAKAPAN BERTINDAK PARA PIHAK DALAM KONTRAK DIHUBUNGKAN DENGAN SYARAT SAHNYA KONTRAK (Studi Kasus Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret)

Larossa, Betha Noor (2015) KECAKAPAN BERTINDAK PARA PIHAK DALAM KONTRAK DIHUBUNGKAN DENGAN SYARAT SAHNYA KONTRAK (Studi Kasus Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1784Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah para pihak dalam Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret telah memenuhi syarat kecakapan bertindak sebagai salah satu syarat sahnya kontrak. Serta untuk mengetahui implikasi hukum apabila para pihak dalam Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret tidak memenuhi syarat kecakapan bertindak sebagai salah satu syarat sahnya kontrak. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan. Analisis bahan hukum menggunakan metode deduksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret tidak memenuhi syarat sahnya kontrak karena Pihak Pertama dari kontrak tersebut, Ayu Kusumaningrum, tidak memenuhi syarat kecakapan bertindak. Implikasi hukum dari tidak terpenuhinya syarat kecakapan hukum sebagai salah satu syarat sahnya kontrak adalah Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret dapat dimintakan pembatalan. Tetapi dalam kasus ini Pihak Pertama tidak meminta pembatalan kontrak sehingga Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program antara Ayu Kusumaningrum dengan AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret tetap berlaku sebagaimana mestinya. Dari hasil penelitian tersebut maka AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret disarankan untuk meminta orang tua atau wali dari pihak di bawah umur untuk mewakili mereka dalam penandatanganan Kontrak Exchange Participant Global Community Development Program. International Office Universitas Sebelas Maret sebagai organisasi yang menaungi AIESEC Official Expansion Universitas Sebelas Maret sebaiknya melakukan pengawasan terhadap segala prosedur, termasuk proses penandatangan kontrak yang dijalankan untuk proses pemberangkatan para mahasiswa Universitas Sebelas Maret ke luar negeri untuk Global Community Development Program. Kata kunci: Kecakapan bertindak, Syarat sah kontrak, Kontrak

    Item Type: Other
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 04 Sep 2015 14:08
    Last Modified: 04 Sep 2015 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17346

    Actions (login required)

    View Item