PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGDILENGKAPI MEDIA BUKU SAKU DAN MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

IZZA, HIKMA NURUL (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGDILENGKAPI MEDIA BUKU SAKU DAN MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (784Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruhpembelajaran contextual teaching and learning menggunakan media mind map lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran contextual teaching and learning menggunakan media buku sakupada materi sistem koloid siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyarditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Two-group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif untuk prestasi belajar kompetensi pengetahuan dan menggunakan metode angket untuk prestasi belajar kompetensi sikap. Uji analisis yang digunakan adalah uji t pihak kanan dengan uji prasyarat uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Bartlet dan uji kesetaraan menggunakan uji keseimbangan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan media mind map lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media buku saku ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Hal ini ditunjukan dari rata-rata selisih nilai kognitifsiswa kelas eksperimen 1 yaitu 34,94 sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu 28,41 dengan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dimanathitung> ttabel(3,73 > 1,668). Pada hasil nilai afektif ditunjukkan dengan rata-rata nilai afektif siswa kelas eksperimen 1 yaitu 3,12 sedangkan kelas ekperimen 2 yaitu 3,01 dengan uji hipotesis menyatakan Ho ditolak dimana nilai thitung> ttabel(1,833 > 1,668) Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar, Mind map, Buku Saku.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 01 Sep 2015 21:07
    Last Modified: 01 Sep 2015 21:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17345

    Actions (login required)

    View Item